Cara Merawat Baterai Smartphone Agar tidak Mudah Meledak

Posted by Unknown on Sabtu, 14 Desember 2013

Banyak sekali sekarang kasus tentang meledaknya baterai smartphone khususnya pada saat pengisian daya. Untuk menghindarinya kita juga harus merawat baterai dengan baik .Ada dua cara merawat baterai, tips ini dapat dipraktekkan pada semua baterai smartphone. DetikInet, Jumat(13/12/2013). Pertama adalah perawatan secara fisik.


1. Hindari baterai/smartphone dari suhu ekstrim atau suhu tinggi seperti di dalam mobil. Suhu tinggi >40 C akan menurunkan performa baterai secara signifikan. Suhu ekstrim yang terlalu tinggi bisa menyebabkan thermal runaway, reaksi kimia lanjutan karena tingginya suhu baterai dan menyebabkan baterai Lithium meleleh/meledak.

2. Untuk baterai smartphone yang bisa dilepas, perhatikan saat membawa baterai cadangan jangan sampai kutub-kutub baterai terhubung. Hal ini bisa terjadi jika baterai dibawa di kantong dan disimpan bersama dengan uang koin, klip, atau bahan metal lainnya. Hal ini berpotensi menyebabkan hubungan pendek.

Selain perawatan secara fisik, penggunaan aplikasi juga sangat berpengaruh pada umur dan daya baterai. Isu yang paling sering diutarakan para pengguna smartphone terpopuler menurut Fixya seperti Samsung Galaxy S4, Apple iPhone 5S dan HTC One adalah masalah baterai yang boros.

Bersama ini kami akan memberikan beberapa tips yang praktikal dan realistis dalam rangka menghemat baterai smartphone anda. Mungkin saja tidak semua tips akan cocok untuk semua orang, silahkan kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi penggunaan smartphone kamu.

1. Matikan GPS. Hindari penggunaan GPS yang tidak perlu. Dari pengalaman Vaksincom, salah satu aplikasi yang paling besar memakan baterai adalah GPS. 

Jika kamu tidak menggunakan GPS sepanjang hari dan hanya digunakan saat kamu sedang dalam perjalanan/olahraga luar ruang ada baiknya kamu pertimbangkan untuk menonaktifkan GPS dari [Settings][Location] dan hilangkan centang GPS Satellites. Jika kamu perlu menggunakan GPS, silahkan aktifkan dengan memberikan centang.

2. Gunakan aplikasi manajemen dan monitor baterai. Pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi manajemen baterai. Salah satunya adalah Battery Doctor. 

Aplikasi ini membantu anda untuk menghemat penggunaan baterai dengan mematikan aplikasi yang tidak diperlukan, memberikan perkiraan waktu sisa penggunaan baterai, perkiraan waktu charge, suhu baterai dan konsumsi baterai oleh aplikasi.

3. Matikan Wifi dan Bluetooth jika tidak diperlukan. Selain GPS, kamu bisa menghemat baterai dengan mematikan Wifi atau Bluetooth jika tidak dibutuhkan. Untuk mengatur Wifi dan Bluetooth kamu akses dari [Settings] dan matikan Wifi atau Bluetooth pada layar yang tersedia.

4. Selalu monitor Task Manager secara berkala dan matikan program yang sedang berjalan.

5. Hindari penggunaan widget dan fitur-fitur tambahan yang menarik tetapi tidak esensial seperti animated screen/wallpaper. Widget dan animated wallpaper memang lucu tetapi kalau prioritas anda adalah waktu pakai smartphone yang lebih lama, maka sebaiknya jangan diaktifkan.

6. Jika tidak dibutuhkan, matikan fitur yang tidak diperlukan seperti air view dan eye gestures.

7. Set brightness (kecerahan layar) sesuai dengan kebutuhan dan jangan pilih setting terlalu tinggi karena menghabiskan baterai dan tidak baik kesehatan untuk mata. 

Nah itulah beberapa tips merawat baterai smarphone agar tidak mudak meledak atau rusak, semoga bermanfaat.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar